Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Lembah Pelangi

26 July 2010

Tanda-tanda Kehamilan

Aku tidak akan bosan berkata: Hamil itu anugerah! Karena tidak semua perempuan diberi karunia ini.

Lalu apa tanda-tanda kehamilan itu sendiri?

Para perempuan yang belum pernah hamil mungkin agak bingung ketika haid datang terlambat namun belum sempat membeli alat test-pack. Aku juga seperti itu dulu. Karena itu, aku ingin berbagi pengetahuan, agar perempuan-perempuan muda tidak lagi ragu.

Tanda-tanda kehamilan adalah:

1. Terlambat haid.
Terlambat haid adalah salah satu tanda bahwa Anda hamil. Memang, ada hal lain yang menyebabkan Anda tidak/terlambat haid meskipun Anda tidak hamil. Itu adalah kasuistik alias jarang terjadi. Jika Anda biasa mengalami haid yang teratur, dan tiba-tiba haid Anda terlambat lebih lama dari biasanya, coba saja membeli test-pack. Siapa tahu Anda hamil.

2. Hasil test-pack positif.
Bila Anda telah membeli test-pack dan hasilnya positif, maka 99% Anda hamil, kecuali alat test-pack yang Anda beli error semua. :)

Alat test-pack akan membaca kadar hormon HCG dalam urine Anda. HCG (Human Chorionic Gonadotropin) adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta pada awal kehamilan. Tahu kan kalau yang punya plasenta hanyalah perempuan hamil? Karena itu, tingginya kadar HCG dalam urine kita menandakan bahwa kita hamil.

3. Gampang capek.
Duduk saja capek, apalagi berdiri, apalagi jalan? Itulah kalau orang hamil muda, gampang capek. Tubuh rasanya lemas. Entah kenapa! Ada yang tahu sebabnya?<

Tapi kalau tiba-tiba Anda merasa lesu, dan haid Anda terlambat, mungkin memang Anda hamil. Istirahatlah yang banyak. Jangan paksakan diri beraktivitas. Apalagi jika Anda memang menantikan sang buah hati ini.

4. Cepat mengantuk.
Tidur malam biasanya jam 12 malam, tapi sekarang jam 8 sudah mengantuk? Bangun biasanya jam 5 sudah segar, sekarang masih mengantuk? Tidur siang adalah hal sunnah tapi sekarang jadi wajib? Itu tanda-tanda kehamilan loh!

Turuti saja, jangan dipaksakan. Dan jangan khawatir, setelah masuk trimester kedua, gampang capek dan cepat mengantuk itu akan hilang dengan sendirinya, kok. Tapi biasanya (paling tidak, diriku) kebiasaan tidur cepat itu terbawa sampai sekarang ^_^

5. Indera penciuman setajam vampire.
Yap! Semua orang jadi berbau tidak enak! Sangat tidak enak! Semua bau jadi tajam. Hidung ibu hamil memang jadi jauh lebih peka.

Sabar, ya! Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk ini ^_^

6. Hiperpigmentasi.
Perhatikan daerah areola (daerah sekitar puting susu)! Apakah makin gelap? Itu karena adanya hiperpigmentasi akibat kehamilan. Selain areola, daerah lain yang biasanya mengalami niperpigmentasi adalah pantat, ketiak, dan selangkangan.

Ohya… Aku belum pernah melihat kejadian hiperpigmentasi ini kembali seperti semula. Areola yang sudah terlanjur kehitaman, akan terus kehitaman loh! Mungkin kecuali kalau kita rajin luluran atau body bleaching, itu beda cerita.

8. Hasil USG menunjukkan rahim Anda membesar.
Jika Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan, dan dokter memeriksa Anda dengan ultra sonografi (USG) dan hasilnya terlihat bahwa rahim Anda membesar, maka Anda positif hamil. Rahim Anda membesar karena adanya air ketuban untuk tempat tinggal janin Anda.

7. Dokter berkata bahwa Anda positif hamil.
Satu tanda pasti bahwa Anda hamil adalah apabila Anda konsultasi ke dokter kandungan (Sp. OG) dan Obgyn Anda berkata bahwa Anda positif hamil. Maka Anda 100% hamil ^_^

Mungkin ada tanda-tanda lain yang terlewat, karena aku tidak mengalaminya sendiri, silakan ditambahkan ya.. ^_^

Satu hal, bunda! Jaga kehamilan Anda! Karena hamil itu anugerah ^_^

Selamat berbahagia!

1 comments:

Unknown said...

mbak nya uda punya anak ya?haha

Post a Comment

 photo banner-socmed-468x60_zps92f0b35c.gif