Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Lembah Pelangi

27 July 2010

Do and Don’t di Trimester Pertama Kehamilan

Jadi ibu hamil itu gampang-gampang susah, bunda. Banyak yang harus dilakukan dan harus dihindari. Dan semua itu mesti dipatuhi demi buah hati yang sedang tumbuh di dalam rahim kita, bunda.

Kehamilan itu biasanya berlangsung selama 40 minggu. Minggu pertama sampai minggu ketiga belas, disebut fase trimester pertama. Minggu ke-14 sampai minggu ke-26 (beberapa  berkata sampai minggu ke-27), disebut fase trimester kedua. Dan minggu ke-27 sampai melahirkan disebut fase trimester ketiga.

Fase-fase itu dibedakan berdasarkan ciri-ciri umum per trimester.

Pada trimester pertama, biasanya bunda mengalami mual, dan semua efek kehamilan lainnya. Seorang ibu belajar untuk hamil. Segalanya menjadi baru buat seorang ibu muda.

Trimester kedua adalah fase hamil yang menyenangkan. mual sudah hilang, perut makin gendut ^_^

Trimester akhir adalah persiapan melahirkan. Biasanya bunda akan mulai belanja kebutuhan bayi dan ibu. :)

Nah, sekarang aku akan membahas apa saja yang harus dilakukan dan dihindari bumil selama trimester pertama kemahilan. Karena, trimester ini sangat berpengaruh pada berhasil atau tidaknya kehamilan bunda. Fase ini paling rentan loh, bunda! Ingat, pada fase ini, janin belum punya “penyaring” sehingga apa-apa yang dikonsumsi bunda akan langsung diserap oleh janin.

Kita mulai dengan apa-apa yang harus dilakukan oleh bumil di trimester pertama dulu, ya.. ^_^

Yang harus dilakukan selama trimester pertama:

1. Konsultasi ke dokter kandungan atau bidan.
Ini penting, bunda! Supaya bunda tahu bagaimana kondisi kandungan bunda. USG tiap bulan itu aman kok, bunda. ^_^

2. Makan makanan bergizi.
Bunda sudah tidak sendiri lagi. Setiap yang bunda makan, diserap oleh janin. Karena itu, pastikan bunda mengonsumsi makanan yang bergizi agar janin yang bunda kandung tumbuh sehat.

3. Istirahat yang cukup.
Di awal kehamilan, biasanya bunda akan mengalami gampang capek dan mudah mengantuk. Turuti saja, bunda! Itu alami, kok! Karena memang bumil itu tidak boleh capek. Kalau suami mengeluh karena bunda sering tidur, katakan saja: “namanya juga ibu hamil!” hehehe.. previlej buat kita loh! :D

4. Tetap makan walaupun mual.
Well, bunda mual, ya? muntah juga? Bunda harus tetap makan! Paksakan! Kalau bunda merasa ingin muntah, saranku, muntahkan dulu, baru makan. Supaya apa yang bunda makan gak keluar lagi. Paksakan makan, bunda! Sedikit, tapi sering. sedikit saja tidak apa-apa. Asalkan makan makanan yang bergizi.

5. Selalu memeriksa komposisi makanan atau kosmetik yang akan bunda konsumsi.
Karena sebelum berusia empat bulan, janin menyerap semua zat yang bunda konsumsi. karena itu pastikan semua makanan yang bunda konsumsi tidak mengandung zat teratogen.

~~~
Nah, sekarang yang harus dihindari selama trimester pertama:

1. Makanan asam.
Wow! Biasanya kan bumil ngidam yang asam-asam! Kok malah harus dihindari?
Tahukah, bunda? Bahwa yang ngidam makanan asam itu bukan janin  bunda, tetapi badan bunda sendiri. Badan bunda merasa janin itu adalah makhluk asing yang masuk ke dalam perut. Yah, bisa disamakan dengan bagaimana susu menghadapi obat. Setiap obat dianggap racun oleh susu. Janin juga begitu, dianggap benda asing oleh tubuh bunda. Akhirnya tubuh bunda (diluar kesadaran bunda) berusaha untuk mengeluarkan benda asing itu dari tubuh bunda.

Caranya? Dengan makan makanan asam. Harapannya? Supaya bayinya jatuh! Nah, bunda tidak mau kan, kehilangan bayi bunda?

Dan, makanan asam juga akan memicu mual bunda, loh!

2. Makanan pedas.
Tidak ada pengaruh buruk kecuali akan makin memicu mual yang bunda rasakan. Sabar ya, bunda! Setelah trimester pertama selesai, setelah mual reda, bunda bisa mengonsumsi makanan pedas lagi, kok! Asal jangan terlalu pedas. Kasihan bayinya.

3. Berolahraga berat.
Tidak perlu saya jelaskan, kan? :D

4. Membiarkan kaki menggantung.
Kaki yang dibiarkan terus menerus menggantung akan menyebabkan kaki kita bengkak. Kalo dibiarkan terus, bisa menyebabkan Preeklampsia dan Eklampsia. Tentang Preeklampsia dan Eklampsia akan aku tulis belakangan.

Pastikan ada dudukan untuk kaki saat bunda duduk untuk jangka waktu lama. Kalau bisa jangan terlalu lama duduk. Berjalanlah tiap dua jam. Pastikan juga kaki tidak menggantung saat bunda naik kendaraan baik mobil maupun motor. Penting, loh, bunda! Hati-hati!

5. Stres.
Jika bunda stres, bayi akan kekurangan oksigen. Tidak ingin, kan, janin bunda tumbuh tidak sempurna karena bunda membuatnya kekurangan oksigen? Iiihhhh…. Jauhi stres, bunda! Kalau perlu katakan pada ayah si bayi agar selalu membuat bunda tertawa! :D

Nah, itu dia apa-apa yang harus dilakukan dan dihindari oleh bumil di trimester pertama. Ingat! kehamilan adalah anugerah! ^_^

Selamat berbahagia, bunda!

2 comments:

Anonymous said...

makasi banget infonya.. sangat bermanfaat..

pelangsing badan biolo said...

Usia kehamilan saya baru 5 minggu...terimakasih informasinya, sy akan mengingat tips nya baik-baik

Post a Comment

 photo banner-socmed-468x60_zps92f0b35c.gif