Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

15 January 2014

Mimpi yang Tidak Akan Ditertawakan

Pernahkah kita memiliki mimpi, namun tidak berani mengungkapkan mimpi kita karena takut dicemooh orang lain?

Seberapa sering kita mendengar ucapan sinis atau tertawaan orang-orang saat mendengar mimpi kita?

 

Seorang PNS yang bermimpi ingin resign dan bekerja di rumah… orang bilang: Sayang banget!

Seorang ibu rumah tangga tidak bekerja yang bermimpi ingin memberangkatkan orang tuanya naik haji dengan ONH plus… orang bilang: Mau nyuruh suamimu korupsi?

Sepasang suami istri berpenghasilan pas-pasan, yang bermimpi ingin membeli rumah dalam waktu dekat… orang bilang: pelihara tuyul aja!

 

Seberapa sering tanggapan negatif itu terdengar? Padahal supaya kita benar-benar bisa mewujudkan mimpi kita, bukan motivasi negatif yang kita butuhkan, melainkan motivasi positif yang sangat-sangat mendukung.

 

Alhamdulillah, di sini, mimpiku tidak pernah ditertawakan. Apapun itu! ^_^

 

Awal Desember 2013, saat masih di level 12% Oriflame, aku ingin sekali ganti hape. Hapeku sudah sering hang, karena kurangnya kapasitas penyimpanan. Makanya aku perlu yang lebih besar kapasitasnya. Lenovo P770 yang aku liat harganya 1,9jt.

 

lenovo p770

 

Untuk itu aku harus ada di level 15% Oriflame agar dapat bonus 1-1,5jt. Suamiku juga sudah setuju, nanti beliau akan nambahin kekurangan bonusku untuk beli hape baru. Toh hape itu akan jadi “warung”-ku nanti.

 

Mulailah aku bekerja keras di bulan Desember. Menjual produk, memprospek member baru, dan lain-lain.

 

Dan bukti kebesaran Tuhan itu datang. Biasanya, manager 15% Oriflame itu akan mendapatkan bonus sekitar 1-1,5juta. Tapi, bonusku terus beranjak sampai hampir mendekati 1,9juta. Dan Desember 2013 ditutup dengan bonusku sebesar Rp1.906.064,00!!!!! MasyaAllah… Jika Allah berkehendak, semua akan terjadi! ^_^

 

Iklan PD Jan 14

Maka, jadilah hari Minggu yang lalu, aku dan suamiku berangkat ke PGC untuk membeli hape baru, sesuai impianku: Lenovo P770, murni dari Performance Discount Oriflame untul level 15%.

 

Hape Baru Bonus 15%

 

Siapa bilang ini mustahil?

 

Beranilah bermimpi! Karena di sini, mimpi kita tidak akan ditertawakan! ^_^

 

Mau bermimpi bersamaku, dan berusaha meraihnya?

Kenapa tidak?

 

Klik di sini untuk membuktikannya! ^_^

 

banner_rnm_300x250

Full Article [...]

01 December 2013

Hidup Sehat dengan Kebiasaan yang Sehat

Sekarang ini, sering banget kita makan makanan yang gak jelas, yang penting kenyang! Saya juga sering kok kayak gitu. Mending kalau yang di makan adalah pecel sayur di pinggir jalan, kadang yang dimakan itu junk food gak sehat macam gorengan.

 

Pagi hari, misalnya… Sering banget kita ngelewatin sarapan. Giliran makan di pagi hari, eh, gorengan… hahaha…

 

Atau sore-sore… Makanan apa yang kita konsumsi sore-sore? Coklat? *hm.. I like it*

 

Berani nimbang badan setelah makan semua junkfood itu? hahaha…

 

Seorang teman memperkenalkan aku pada Nutrishake, dari Oriflame. Dengan 3 rasa: Coklat, Strawberry, dan Vanilla.. Aku paling suka Rasa Strawberry ^_^

 

Nutrishake All Variant

 

Nutrishake ini mengandung bahan-bahan murni dan alami dalam jumlah berimbang. Nutrishake juga mengandung tiga sumber protein yang sangat baik (kacang, telur, susu). Telurnya juga khusus sehingga memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi.

 

Indeks glikemik (GI) di Nutrishake sangat rendah, dapat mengurangi keinginan mengonsumsi makanan yang manis, mempertahankan energi, dan fokus. Nutrishake juga hanya mengandung rasa alami.

 

Daripada makan gorengan, mengonsumsi 1 porsi Nutrishake itu jauh lebih menyenangkan, bukan? ^_^

 

NS Strawberry

↑Nutrishake Strawberry Favoritku ^_^↑

Dan yang paling asyik adalah… Nutrishake sudah mendapatkan label halal dari MUI, loh… ^_^

Nutrishake HALAL

Oya, rutin mengonsumsi Nutrishake itu… bukan hanya bikin badan jadi seksi (cihuy.. :p) tapi juga bisa bikin rekening jadi gendut! Hihihi…

 

Mau kan, badan langsing tapi rekening gendut?

 

Mau, donk…. ^_^

Full Article [...]

02 September 2013

Bisnis Modal Kecil

Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang…

 

Pernah dengar tagline seperti itu? Iya! Memang jaman sekarang segalanya butuh yang namanya uang.

Mau sekolah, butuh uang; Mau makan, butuh uang; Mau jalan-jalan, butuh uang juga walo dikit.

 

Hidup ini beneran butuh banget sama yang namanya uang. Sampe-sampe gak jarang di antara kita ini terjebak dan terpedaya uang. Istilah kerennya: hamba rupiah.

 

Aku juga butuh uang. Sebagai ibu dari 1 anak, gaji suamiku dirasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupku. Pas-pasan iya, tapi cukup, belum.

 

Utang kami menumpuk. Utang bank, utang kartu kredit, utang akhirat, dan lain-lain.

 

Aku ingin sekali terbebas dari semua utang itu. Gak ada pilihan lain, aku harus mencari penghasilan kedua.

 

Aku bekerja, PNS, tapi tetap, penghasilan kami benar-benar pas-pasan!

Karena itu aku harus mencari penghasilan yang tidak mengganggu waktuku di kantor. Dapat aku kerjakan sebagai pekerjaan sampingan juga.

 

Aku sudah pernah jadi dropshipper, namun gak sukses, karena dropship kan barangnya gak dipegang tangan.

Aku juga sudah pernah menyetok barang untuk dijual, yang juga kurang sukses karena jarang pembeli.

 

Sampai suatu saat, kawanku menawarkan sebuah bisnis. Bisnis yang aku yakin bisa banget untuk membantuku memperbaiki kualitas keuanganku, terbebas dari utang, dan mencapai kebebasan finansial.

 

Bisnis ini adalah ORIFLAME.

 

Dengan modal yang cukup kecil, hanya Rp49.900 saja, aku berkesempatan mendapatkan uang sebesar 7 Milyar.

 

Dan itu nyata, sudah ada yang membuktikan dan akan ada yang membuktikan.

Produknya jelas, kosmetik dan skin care. Untuk pria dan wanita, bahkan bayi.

Jadi, ini benar-benar bisnis yang menguntungkan.

 

Aku berharap, semoga bisnisku ini membawaku terbebas dari lilitan utang riba yang memusingkan itu. Aamiin…

 

banner-impian-468x60

Full Article [...]

19 October 2012

Siklus ASI: Pengeluaran, Penyimpanan, Pemberian

ASI punya siklus yang sangat simpel apabila kita selalu memberikannya langsung dari payudara. Tapi, kalau kita tidak bisa selalu memberi ASI langsung dari payudara, tapi melalui media ASI Perah, di sinilah siklus ASI muncul.

Siklus ASI pertama adalah Pengeluaran ASI (Expressing Milk)
Pengeluaran ASI adalah proses di mana kita mengeluarkan ASI dari payudara kita, untuk kemudian diberikan kepada bayi (kadang disimpan dulu). Kenapa kita mesti mengeluarkan ASI dulu?

Ada kalanya kita tidak bisa langsung memberi ASI pada bayi. Misalnya sebagai wanita bekerja, atau mungkin hanya karena puting lecet.

Agar bayi kita tetap mendapatkan ASI secara eksklusif, artinya hanya ASI tanpa tambahan bahan lain :p, kita harus mengeluarkan ASI kita untuk diberikan kepada bayi.

Banyak cara yang dipakai para ibu untuk mengeluarkan ASI. Ada yang memerah memakai tangan dengan bantuan teknik Marmet. Ada yang menggunakan bantuan pompa ASI. Bagaimanapun cara yang dipakai, asalkan ASI keluar dan bisa diminumkan pada bayi, tidak ada masalah.


Pompa ASI Pigeon Premium
Pompa ASI Medela Harmony

Siklus ASI kedua adalah penyimpanan ASI (Milk Storage)
Penyimpanan ASI adalah proses di mana kita menyimpan ASI yang tidak dikonsumsi bayi untuk sementara. Penyimpanannya bisa dilakukan di suhu ruang, suhu kulkas, dan suhu frizer.

ASI disimpan dalam botol simpan ASI
Botol Simpan ASI
Jangan lupa pilih botol yang BPA-free, ya!

Atau bisa juga menyimpan ASI di botol kaca, asal sudah dibersihkan dan disteril. Botol kaca ini lebih awet dan lebih murah, cuma, dia berat dan gampang pecah.
Botol Kaca Simpan ASI

Atau disimpan di plastik simpan ASI, cuma plastik ini plastik sekali pakai, dan mahal. Tapi, plastik ini sudah pasti BPA-free dan sudah disteril.
Plastik Simpan ASI

Atau kalo benar-benar kepepet, plastik es mambo atau plastik gula kiloan juga bisa dipakai, kok. Asal didobelin supaya gak gampang bocor.
Plastik es mambo

Siklus ASI ketiga adalah Pemberian (Milk-feeding)
Pemberian ASI pada bayi bisa dilakukan dengan botol+dot, sendok, cup feeder, dan pipet. Tapi pemberian dengan botol adalah hal yang terakhir dianjurkan. Jika bayi bisa minum ASI dengan sendok/cup feeder, jangan dikasih dot.

Itulah, 3 siklus ASI untuk menuju ASI Eksklusif. Ternyata mudah, ya? ^_^

Full Article [...]

22 March 2011

Do and Don’t di Trimester Ketiga Kehamilan

Trimester ketiga kehamilan adalah trimester akhir. Sebagiana ahli berkata trimester ini dimulai sejak usia kehamilan 27 minggu hingga melahirkan. Sebagian lagi mengatakan trimester ini dimulai sejak usia kehamilan memasuki minggu ke 28. Yang mana yang akan bunda pakai, terserah. Yang pasti, ini trimester terpenting dalam kehamilan bunda.

 

Dalam trimester ini, kehamilan mulai merupakan “beban”. Perut bunda mulai membesar, betis bunda mulai kecapean membawa beban di perut. Sebagian bumil mengalami kram betis hampir tiap malam.

 

Seharusnya, posisi bayi sudah “kepala di bawah” dalam trimester ini. Konsultasikan ke tenaga kesehatan apabila kepala bayi bunda belum mendekati mulut rahim. gerakan bayi juga sudah mulai berkurang sehingga berangsur hilang menjelang kelahirannya. Ini dikarenakan badan bayi yang membesar sehingga ruang geraknya makin sempit.

 

Bunda pun akan mulai mudah lelah lagi. ^_^

 

Saya akan membagi pengalaman dan ilmu yang saya punya selama trimester akhir ini (saya sudah lulus trimester ini, loh :p)

 

Yang harus bunda lakukan selama trimester ketiga adalah:

 

1. Pantau perkembangan janin dengan konsultasi ke dokter dan/atau bidan.

Pastikan fungsi organ bayi telah berfungsi sebagaimana harusnya. Pastikan plasenta mengerjakan tugasnya dengan baik. Juga diskusikan persalinan seperti apa yang bunda mau.

 

Persalinan adalah momen berharga bagi setiap perempuan. Karena itu, kita berhak memilih, bersalin dengan cara apa. Diskusikan itu dari jauh-jauh hari, ya bunda…

 

2. Pilih Rumah/Klinik Bersalin yang mendukung pemberian ASI.

Jangan salah pilih dan menyesal di kemudian hari, bunda. Pastikan tempat bunda akan melahirkan nanti mendukung pemberian ASI serta merawat ibu dan bayi dalam satu ruangan (room in).

 

Perawatan satu ruangan ini sangat penting. Selain untuk memperkecil kemungkinan bayi tertukar/penculikan bayi, rawat gabung ini juga menumbuhkan rasa cinta ibu pada bayinya. Saya merasakan manfaat rawat gabung ini. Saya melahirkan anak pertama saya melalui sectio caesar. Karena itu, pada menit-menit awal kelahiran anak saya, saya bahkan tidak merasa baru saja melahirkan. Melihat anak saya sepanjang malam tidur di sebelah saya, menumbuhkan cinta dan rasa keibuan saya.

 

3. Menyiapkan perlengkapan bayi.

Siapkan pakaian bayi untuk bayi baru lahir, tapi bunda tidak usah menyiapkan:

  • gurita bayi – siapkan kaos singlet saja.
  • sarung tangan bayi – meningkatkan risiko kematian mendadak pada bayi.
  • kosmetik bayi – boros, buang-buang uang, lebih baik ditabung untuk keperluan lain, lagipula, bayi kan sudah cantik dan wangi, jadi buat apa pakai kosmetik lagi?
  • deterjen khusus bayi – kalau bayi kita punya potensi alergi, cuci bajunya dengan sabun mandi bayi. Waktu kita kecil, tidak ada yang namanya deterjen bayi, tapi kulit kita tidak ada masalah tuh…

 

Yang harus bunda siapkan adalah:

  • gunting kuku bayi – untuk menggunting kuku bayi di HARI PERTAMA, sehingga dia tak perlu pakai sarung tangan.
  • gurita ibu – believe me! you’ll need it.
  • maternity feminine napkins, alias pembalut melahirkan.

 

4. Siapkan peralatan menyusui.

Bunda tentu akan menyusui bayi bunda secara eksklusif sampai enam bulan dan dilanjutkan sampai dua tahun, kan? Karena itu, siapkan dengan baik.

 

Yang pertama harus disiapkan adalah mental. Tekadkan dalam diri bunda, hanya ASI untuk anak saya!

 

Lalu, siapkan pompa ASI yang nyaman, agar sewaktu-waktu jika bunda tidak bisa menyusui langsung, bunda masih bisa memberikan ASI dengan cara memompanya. Jangan menyerah pada susu formula!

 

Nursing cover. Berguna bila bayi ingin menyusu, namun tamu-tamu masih berdatangan.

 

(Kalau perlu – tapi tidak wajib karena bisa digantikan oleh bantal biasa, atau posisi tidur) Bantal menyusui.

 

5. Periksa asupan makanan.

Asupan makanan bunda harus makin menyehatkan. Jangan terlalu banyak makan karbohidrat, dan gula agar bayi tidak gendut di dalam.

 

6. Lakukan senam hamil.

Berguna memudahkan kelahiran natural.

 

7. Berpikir positif.

Berpikirlah dengan positif. Berpikirlah bahwa bunda akan melahirkan dengan natural (jika memungkinkan). Jangan menyerah dengan sectio caesar. Tahukah bunda, SC punya banyak efek negatif ketimbang kelahiran natural.

 

~~~

Dan yang harus dihindari di trimester ketiga adalah:

 

1. Terlalu lelah.

Beban yang bunda bawa itu sudah berat, jangan ditambah dengan beban lain yang tidak perlu.

 

2. Stres.

Ketahuilah, bunda, jika bunda stres, bayi kita akan ikut stres. dia akan menendang-nendang perut kita dengan marah.

 

3. Berolahraga berat.

No need to tell you about it :)

 

4. Pesimis.

Hidup ini harus dihadapi dengan bersemangat, bunda ^_^

 

Nah, itu sedikit ilmu yang bisa saya bagi dalam kehamilan. InsyaAllah saya juga akan membagi ilmu tentang menyusui dan persiapan-persiapannya. Semoga bunda mendapatkan pengalaman menyenangkan dalam kehamilan ini. Selamat, ya, bunda!!! ^_^

Full Article [...]

01 September 2010

Do and Don’t di Trimester Kedua Kehamilan

Setelah usia kandungan memasuki 14 minggu (masuk bulan ke-empat), bunda memasuki fase Trimester Kedua Kehamilan.

 

Berbeda dengan trimester pertama, trimester kedua ini lebih santai dijalanin, loh. Bunda akan merasakan bahwa hamil itu menyenangkan. Bunda akan senang berbelanja pakaian hamil, atau memperhatikan perut bunda yang mulai membuncit (apalagi di akhir trimester kedua saat pusar bunda mulai bodonk, lucu sekali).

 

Bagi sebagian besar perempuan, pada fase trimester kedua, rasa mual dan mudah lelah itu menghilang. Ini yang membuat kehamilan jadi menyenangkan. Bunda akan lebih banyak makan, aktivitas pun kembali normal. Bahkan, jika bunda belum merasakan gerakan bayi di dalam perut, bukan tidak mungkin bunda akan lupa kalau tengah hamil ^_^

 

Nah, selama fase trimester kedua ini, saya akan membagi ke para bunda (secara saya sudah lulus fase ini :p) apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh bunda hamil pada trimester kedua kehamilan.

 

Yang harus bunda lakukan selama trimester kedua:

 

1. Teruskan konsultasi ke dokter kandungan dan/atau bidan.

Ini wajib dilakukan supaya bunda tahu perkembangan bayi bunda dari waktu ke waktu. Saya sendiri mengoleksi hasil cetakan USG bayi saya, loh ^_^

 

2.Memperhatikan pola makan.

Bunda memang sudah nyaman makan. Rasa mual apalagi muntah sudah menghilang. Namun, bunda tetap harus memperhatikan pola makan. Jangan sampai bunda makan terlalu banyak. Lebih baik makan sedikit tapi sering.

 

Dan, karena dalam masa-masa ini bayi bunda sedang membentuk organ tubuhnya, bunda benar-benar harus memperhatikan asupan gizi bunda. Jangan terlalu banyak makan makanan berlemak, juga berglukosa tinggi atau bunda akan mendapati bayi bunda membesar menjelang kelahirannya.

 

3. Memakai pakaian hamil atau pakaian yang nyaman dipakai.

Memang tidak harus baju hamil, tapi harus baju yang nyaman dipakai dan tidak ketat. Kasian bunda dan bayi bunda kalau bunda memakai pakaian sempit.

 

Saya tahu, bagi sebagian perempuan, memasuki trimester kedua artinya harus berbelanja pakaian hamil karena volume badan yang membesar. Pilihlah bahan yang nyaman dipakai supaya bunda nyaman bernafas. Ingat, bayi bunda bergantung pada suplai oksigen yang bunda berikan, loh! Jadi makin nyaman bunda bernafas, makin nyaman si bayi tumbuh.

 

4. Mengonsumsi semua vitamin yang dokter atau bidan berikan.

Dokter kandungan atau bidan akan memberi bunda beberapa vitamin, antara lain DHA, Vitamin B6, Besi, Zinc, dan lain-lain. Konsumsi semuanya, bunda! Supaya bayi dan kehamilan bunda berjalan baik-baik saja.

 

5. Periksa, apakah bunda mendapatkan suplemen kalsium.

Ini penting! Karena, bayi bunda sedang membentuk tulang-tulangnya. Untuk itu, dia membutuhkan banyak sekali kalsium. Jika bunda tidak mengonsumsi kalsium dengan cukup, makan bayi bunda akan bersifat parasit, alias mengambil kalsium yang ada pada diri bunda.

 

Tempat pertama yang diambil kalsiumnya adalah darah, setelah itu gigi, baru tulang.

 

Maka tidak heran, bila seorang ibu hamil yang tidak mendapatkan suplemen kalsium, mengalami gigi keropos selama kehamilannya. Itu karena kalsium dalam giginya diasup oleh bayinya. Bunda tidak mau, kan, mengalami gigi keropos apalagi osteoporosis selama kehamilan?

 

6. Ajak bicara sang bayi.

Selepas usia 17 minggu, bagi sebagian keyakinan, bayi telah ditiupkan ruh-nya. Artinya, bayi sudah menjadi calon manusia yang sempurna, yaitu bernyawa. Karena itu, ajak bicara sang bayi. Ajak dia berkomunikasi. Tunjukkan pada dia bahwa bunda sayang sama dia, dan dia tidak sendirian.

 

Kata-kata bunda akan didengar olehnya dan akan menjadi penghuni memori pertamanya.

 

~~~

Sekarang, giliran hal-gal yang harus dihindari selama trimester kedua:

 

1. Makan sembarangan.

Bunda memang sudah tidak mual lagi, tapi bunda juga tidak boleh makan sembarangan! Harus makanan yang bergizi supaya pertumbuhan bayi bunda sempurna.

 

2. Bicara sembarangan.

Ingat bunda! Individu dalam perut bunda sudah bisa mendengar sekarang. Karena itu, perhatikan nada dan ucapan yang akan bunda keluarkan. Bukan hanya bunda, tapi juga sang ayah dan lingkungan sekitarnya. Bunda tidak mau kan kata-kata pertama yang dia pelajari di awal kehidupannya adalah kata-kata jorok?

 

3. Berolahraga sembarangan.

Rasanya yang ini tidak perlu saya jelaskan lagi, ya? ^_^

 

4. Membiarkan kaki menggantung.

Penjelasannya tetap sama seperti di trimester pertama. Kaki menggantung akan membuat kaki bunda bengkak, dan risiko terkena Preeklampsia dan Eklampsia menjadi tinggi.

 

5. Stres

Bumil tidak boleh stres! Jika bunda stres, bayi bunda akan kekurangan oksigen! Tertawalah dan berbahagialah, bunda!

 

Nah, itu dia kira-kira apa-apa yang harus bunda lakukan dan hindari selama trimester kedua kehamilan. Semoga bunda dapat menjalani fase trimester kedua ini dengan lancar. Nikmatilah kehamilan bunda!

 

Semoga berbahagia! ^_^

Full Article [...]

27 July 2010

Do and Don’t di Trimester Pertama Kehamilan

Jadi ibu hamil itu gampang-gampang susah, bunda. Banyak yang harus dilakukan dan harus dihindari. Dan semua itu mesti dipatuhi demi buah hati yang sedang tumbuh di dalam rahim kita, bunda.

Kehamilan itu biasanya berlangsung selama 40 minggu. Minggu pertama sampai minggu ketiga belas, disebut fase trimester pertama. Minggu ke-14 sampai minggu ke-26 (beberapa  berkata sampai minggu ke-27), disebut fase trimester kedua. Dan minggu ke-27 sampai melahirkan disebut fase trimester ketiga.

Fase-fase itu dibedakan berdasarkan ciri-ciri umum per trimester.

Pada trimester pertama, biasanya bunda mengalami mual, dan semua efek kehamilan lainnya. Seorang ibu belajar untuk hamil. Segalanya menjadi baru buat seorang ibu muda.

Trimester kedua adalah fase hamil yang menyenangkan. mual sudah hilang, perut makin gendut ^_^

Trimester akhir adalah persiapan melahirkan. Biasanya bunda akan mulai belanja kebutuhan bayi dan ibu. :)

Nah, sekarang aku akan membahas apa saja yang harus dilakukan dan dihindari bumil selama trimester pertama kemahilan. Karena, trimester ini sangat berpengaruh pada berhasil atau tidaknya kehamilan bunda. Fase ini paling rentan loh, bunda! Ingat, pada fase ini, janin belum punya “penyaring” sehingga apa-apa yang dikonsumsi bunda akan langsung diserap oleh janin.

Kita mulai dengan apa-apa yang harus dilakukan oleh bumil di trimester pertama dulu, ya.. ^_^

Yang harus dilakukan selama trimester pertama:

1. Konsultasi ke dokter kandungan atau bidan.
Ini penting, bunda! Supaya bunda tahu bagaimana kondisi kandungan bunda. USG tiap bulan itu aman kok, bunda. ^_^

2. Makan makanan bergizi.
Bunda sudah tidak sendiri lagi. Setiap yang bunda makan, diserap oleh janin. Karena itu, pastikan bunda mengonsumsi makanan yang bergizi agar janin yang bunda kandung tumbuh sehat.

3. Istirahat yang cukup.
Di awal kehamilan, biasanya bunda akan mengalami gampang capek dan mudah mengantuk. Turuti saja, bunda! Itu alami, kok! Karena memang bumil itu tidak boleh capek. Kalau suami mengeluh karena bunda sering tidur, katakan saja: “namanya juga ibu hamil!” hehehe.. previlej buat kita loh! :D

4. Tetap makan walaupun mual.
Well, bunda mual, ya? muntah juga? Bunda harus tetap makan! Paksakan! Kalau bunda merasa ingin muntah, saranku, muntahkan dulu, baru makan. Supaya apa yang bunda makan gak keluar lagi. Paksakan makan, bunda! Sedikit, tapi sering. sedikit saja tidak apa-apa. Asalkan makan makanan yang bergizi.

5. Selalu memeriksa komposisi makanan atau kosmetik yang akan bunda konsumsi.
Karena sebelum berusia empat bulan, janin menyerap semua zat yang bunda konsumsi. karena itu pastikan semua makanan yang bunda konsumsi tidak mengandung zat teratogen.

~~~
Nah, sekarang yang harus dihindari selama trimester pertama:

1. Makanan asam.
Wow! Biasanya kan bumil ngidam yang asam-asam! Kok malah harus dihindari?
Tahukah, bunda? Bahwa yang ngidam makanan asam itu bukan janin  bunda, tetapi badan bunda sendiri. Badan bunda merasa janin itu adalah makhluk asing yang masuk ke dalam perut. Yah, bisa disamakan dengan bagaimana susu menghadapi obat. Setiap obat dianggap racun oleh susu. Janin juga begitu, dianggap benda asing oleh tubuh bunda. Akhirnya tubuh bunda (diluar kesadaran bunda) berusaha untuk mengeluarkan benda asing itu dari tubuh bunda.

Caranya? Dengan makan makanan asam. Harapannya? Supaya bayinya jatuh! Nah, bunda tidak mau kan, kehilangan bayi bunda?

Dan, makanan asam juga akan memicu mual bunda, loh!

2. Makanan pedas.
Tidak ada pengaruh buruk kecuali akan makin memicu mual yang bunda rasakan. Sabar ya, bunda! Setelah trimester pertama selesai, setelah mual reda, bunda bisa mengonsumsi makanan pedas lagi, kok! Asal jangan terlalu pedas. Kasihan bayinya.

3. Berolahraga berat.
Tidak perlu saya jelaskan, kan? :D

4. Membiarkan kaki menggantung.
Kaki yang dibiarkan terus menerus menggantung akan menyebabkan kaki kita bengkak. Kalo dibiarkan terus, bisa menyebabkan Preeklampsia dan Eklampsia. Tentang Preeklampsia dan Eklampsia akan aku tulis belakangan.

Pastikan ada dudukan untuk kaki saat bunda duduk untuk jangka waktu lama. Kalau bisa jangan terlalu lama duduk. Berjalanlah tiap dua jam. Pastikan juga kaki tidak menggantung saat bunda naik kendaraan baik mobil maupun motor. Penting, loh, bunda! Hati-hati!

5. Stres.
Jika bunda stres, bayi akan kekurangan oksigen. Tidak ingin, kan, janin bunda tumbuh tidak sempurna karena bunda membuatnya kekurangan oksigen? Iiihhhh…. Jauhi stres, bunda! Kalau perlu katakan pada ayah si bayi agar selalu membuat bunda tertawa! :D

Nah, itu dia apa-apa yang harus dilakukan dan dihindari oleh bumil di trimester pertama. Ingat! kehamilan adalah anugerah! ^_^

Selamat berbahagia, bunda!

Full Article [...]