Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Lembah Pelangi

29 August 2008

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

As we know, sebentar lagi sudah masuk bulan puasa. It means, segala macam ritual baru bakalan kita lakuin selama sebulan.

Ritual?. Come on!. Jangan mikir macam-macam dulu. Yang aku maksud "ritual" di sini tuh ya semacam kebiasaan-kebiasaan baru yang gak kita jalanin di bulan selain bulan puasa.

Misalnya?. Sahur, berbuka puasa, gak makan siang, dan lain-lain.


Kadang, dengan berubahnya jadwal makan kita, kita mengalami kesulitan beradaptasi. Tapi, bukan manusia namanya kalau gak bisa beradaptasi. Karena kita sebagai manusia telah diberikan kelebihan oleh Tuhan agar kita dapat dengan mudah beradaptasi.

Masih merasa sulit beradaptasi juga?. Coba deh tip-tip yang aku tulis berikut...

1. Sahur,

Waktu sahur memang sebaiknya gak terlalu dini dan gak terlalu mendekati shubuh. Nabi SAW. menganjurkan kita mengakhirkan sahur, jadi kenapa kita harus sahur lebih awal?. Jangan juga telat bangun sehingga sahurnya dekat banget dengan shubuh, percaya deh, efek psikologisnys bakalan bikin kita merasa lemas. Apalagi kalau kita sahur dengan terburu-buru karena waktu imsyak telah tiba. ^_^

Biasakan makan sayur pada waktu sahur. Gak enak memang. Tapi itu demi kebaikan kita sendiri. Pernah ngitung gak?, berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mengalami konstipasi di bulan puasa?, seminggu?, setengah bulan?. Waktu saya gak suka makan sayur saat sahur, cuma perlu tiga hari buat saya untuk mengalami konstipasi. Sangat tidak menyenangkan.
Karena itu, makanlah sayur!. Kalau sempat, makan buah juga ya...

Kalau perlu, tambah ketahanan tubuh dengan suplemen. Suplemen apa saja bagus kok, asal komposisinya sesuai. Misalnya vitamin c atau suplemen penambah darah.

Untuk vitamin c, coba Vitalong C. Suplemen ini adalah suplemen vitamin c yang mengandung 500 mg vitamin c di tiap kapsulnya yang memiliki sistem lepas berkala. Kapsul Vitalong C akan larut sedikit demi sedikit sehingga vitamin c di dalamnya juga akan larut secara berkala di dalam tubuh kita, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin c selama 12 jam tanpa khawatir nyeri lambung (cocok untuk yang punya penyakit asam lambung berlebih, nih).

Vitalong C
Vitalong C, kapsul dengan granul-granul Vitamin C yang larut secara bertahap di dalam tubuh selama 12 jam

Untuk suplemen penambah darah, aku referensikan Sangobion. Sangobion ini mengandung zat besi, vitamin B dan mineral-mineral lain yang dibutuhkan untuk penambah darah. Cocok untuk penderita anemia, sebagai suplemen selama berpuasa.

Sangobion
Sangobion, suplemen penambah darah dengan zat besi dan vitamin B

Makanan yang seimbang saat sahur, akan membantu kita merasa segar walau kita berpuasa.

2. Berbuka Puasa,

Saat berbuka puasa adalah saat yang ditunggu-tunggu setelah berpuasa seharian. Tapi ingat, kita tidak boleh berlebihan!.
Sebaiknya kita menyegerakan berbuka puasa, seperti anjuran Nabi SAW. Berbukalah dengan yang manis. Tapi bukan gula.

Bukan gula?. Ya! Bukan gula. Selama berpuasa, tubuh kita kekurangan gula darah. Bukan hal yang bijak apabila saat berbuka, kita langsung mengkonsumsi gula. Tubuh kita yang tadinya kekurangan gula akan langsung kebanjiran gula darah apabila kita mengkonsumsi gula murni saat berbuka.

Yang baik, konsumsilah makanan dengan gula komplek, seperti karbohidrat, sehingga tubuh kita punya waktu untuk beradaptasi dengan gula darah karena gula komplek akan larut secara perlahan dalam tubuh kita. Yah, bisa dibilang, jangan ngagetin tubuh kita sendiri deh. Kan sama saja dengan apabila kita ada di lemari es, lalu langsung dimasukkan ke dalam oven agar hangat, gak enak kan?, lebih enak kalau secara pelan-pelan tubuh kita menghangat kan?.

Kurma memiliki kandungan gula yang komplek. Karena itu kurma dianjurkan untuk dihidangkan saat berbuka puasa. Gak ada kurma?, nasi putih atau air putih juga bisa. Asal jangan es sirup aja dah.

Dan jangan lupa makan malam!. Banyak yang punya kebiasaan pas buka puasa makan ini makan itu akhirnya dia lupa gak makan malam, atau terlalu kenyang untuk makan malam. Artinya dia cuma makan sehari sekali di waktu sahur. Oh come on!. Gimana bisa bertahan sebulan kalau seperti itu pola makannya?. Pantesan sakit!.

3. Bau Mulut,

Nah, ini biasanya jadi kendala yang menyebalkan saat berpuasa. Biarpun Tuhan telah berfirman bahwa bau mulut orang yang berpuasa adalah parfum di surga, tapi yah kita gak bisa membiarkan mulut kita berbau seperti mulut naga, kan?. Bukannya itu artinya kita mendzalimi orang lain?. ^_^

Sikat gigi bisa dilakukan saat setelah sahur, kan?. Kalau begitu, lakukanlah!.
Gunakan pasta gigi yang baik, yang tanpa detergen agar tidak mengganggu kesehatan. Misalnya Enzim.

Enzim Toothpaste

Berdasarkan pengalaman pribadi, menyikat gigi dengan menggunakan Enzim bikin mulut aku segar lebih lama. Apalagi enzim juga mengandung komponen yang mencegah sariawan. Bukan rahasia kalau di bulan puasa kita lebih rentan kena sariawan ketimbang di bulan-bulan lainnya.

Setelah menyikat gigi, coba berkumur dengan Pepsodent Herbal Breeze Mouthwash.

Pepsodent Mouthwash

Mouthwash yang ini tanpa alkohol, jadi aman buat kita. Kandungan lidah buaya, jeruk nipis dan daun sirihnya membuat napas kita akan lebih segar plus membunuh bakteri-bakteri menyebab bau mulut di mulut kita. Jadi, kita bisa ucapkan : "Selamat tinggal bau naga!." ^_^

Sahur sudah, berbuka sudah, bau mulut juga sudah. Itu dulu deh tip dari aku untuk menghadapi bulan penuh berkah ini.

Mungkin tip terakhir, Perbanyaklah ibadah, karena nilai berlipat-lipat ketimbang bulan-bulan yang lain. Baca Al-Quran yang banyak, jangan bolos Sholat Tarawih, dan sering-seringlah bersedekah. Pahalanya besar soalnya. ^_^

Selamat Menunaikan ibadah puasa, ya.
Maafkan aku kalau aku salah saat berucap dan berbuat. Terima kasih...


1 comments:

Anonymous said...

minta izin ngopi gambar sangobion nya ya mbak :)

salam kenal

Post a Comment

 photo banner-socmed-468x60_zps92f0b35c.gif